Laela Novita

Saya adalah seorang wanita sederhana kelahiran Bogor yang suka menulis walaupun entah tulisan nya bagus atau tidak. Yang jelas, saya hobby menulis. Saya selalu ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Media Penyampaian Informasi Melalui Gambar (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke-81)

Media Penyampaian Informasi Melalui Gambar (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke-81)

Gambar adalah sebuah karya seni rupa yang dituangkan ke dalam bentuk tertentu sesuai dengan imajinasi si penggambar. Gambar mewakili pemikiran dan imajinasi seseorang.

Gambar terbagi menjadi beberapa bagian, diantara nya ada gambar dua dimensi, tiga dimensi bahkan gambar abstrak. Gambar dua dimensi, adalah gambar yang sering dibuat oleh sebagian orang. Karena dalam gambar dua dimensi ini sangat simpel.

Untuk lebih menarik dan memberikan makna, biasanya gambar dua dimensi ini dilengkapi dengan menggoresan pinsil warna, crayon, cat air atau media lain yang dapat meningkatkan nilai estetika gambar tersebut.

Gambar tiga dimensi ini biasa nya berupa topeng, patung, produk gerbang, ukiran dan yang lain nya. Pada gambar tiga dimensi, dituntut keterampilan yang sangat luar biasa, daya imajinasi dan ketelitian.

Beranjak ke gambar abstrak, gambar abstrak ini memiliki tingkatan yang lebih tinggi. Tidak semua orang dapat melakukan hal ini. Diperlukan daya imajinasi yang kuat untuk membuat gambar abstrak sehingga pesan yang ada di dalam nya dapat tersampaikan.

Dengan gambar, seseorang dapat mengidentifikasi makna yang berbeda. Penafsiran yang berbeda adalah hal wajar. Dengan gambar dapat melatih seseorang untuk berimajinasi, memberikan informasi yang isi nya lebih jauh padat dibandingkan dengan hanya tulisan.

Pengalaman ini terjadi pada peserta didik ku. Dalam pembelajaran konfigurasi elektron, peserta didik dituntut untuk dapat menentukan jumlah elektron di setiap lintasan dan menentukan orbitnya.

Kalau hanya dilakukan dengan tulisan teori nya saja, peserta didik merasa kesulitan dalam pemahaman konsep. Untuk itu, saya biasa memberikan ilustrasi berupa gambar lintasan elektron pada setiap oribital. Dengan seperti itu, kan menambah pemahaman peserta didik.

Kolaborasi tulisan dan gambar sangat diperlukan. Karena dengan gambar akan memberikan pemahaman yang lebih tunggu dibandingkan hanya tulisan.

Gambar akan memberikan pesan lebih bermakna dan mudah dipahami. Tapi sayang saya bukan ahli dalam menggambar, tetapi saya selalu berusaha untuk bisa menyampaikan informasi semaksimal mungkin melalui gambar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post