Laela Novita

Saya adalah seorang wanita sederhana kelahiran Bogor yang suka menulis walaupun entah tulisan nya bagus atau tidak. Yang jelas, saya hobby menulis. Saya selalu ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Semangat Ku Tak Akan Kendor (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke-80)

Semangat Ku Tak Akan Kendor (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke-80)

Menginjak minggu ke empat aku dan peserta didik ku dialih tempatkan pembelajaran di rumah. Sejak mewabahnya Covid-19, kami semua kena dampaknya. Semua aktivitas yang aku lakukan di luar, kini harus ku jalani di rumah.

Pembelajaran online jarak jauh yang aku lakukan dengan peserta didik ku sudah mulai menuju titik klimak kebosanan. Beberapa peserta didik mengeluh dengan tugas-tugas yang diberikan oleh setiap guru mata pelajaran.

Keluhan mereka, kebanyakan beralasan dari terbatasnya kuota yang mereka miliki. Kebanyakan mereka memiliki paket chay saja sehingga tidak dapat membuka link tertentu yang dishare guru mapel kepada mereka.

Beberapa siswa pun ada yang mengirimkan tugas nya melalui aplikasi WA, karena mereka tidak punya kuota lain selain WA. Sederhana memang pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi zoom, webex atau classroom. Sangat dimudahkan dalam semua pengerjaan. Simple dan fleksibel, hanya saja tadi kendala nya di kuota peserta didik yang terbatas.

Tidak hanya peserta didik yang mengeluhkan masalah kuota. Hehehe, aku pun sebagai guru nya seperti itu. Dalam empat minggu ini, aku sudah menggunakan kuota data ku hampir 10GB.

Biasa nya dalam satu bulan aku hanya membutuhkan kuota data paling banyak 4GB. Dengan adanya PJJ online ini, membuat aku harus selalu intens mengecek dan membuka aplikasi yang di dalam nya terdapat beberapa tugas yang aku berikan kepada peserta didik.

Sesering mungkin aku membuka dan mengecek, ketika tugas sudah masuk, aku memberikan komentar positif terhadap apa yang mereka serahkan. Setelah itu aku evaluasi, memberikan catatan-catatan kekurangan dan pemberian reward kepada peserta didik yang sudah benar mengerjakan tugas nya. Dan penilaian pun dilakukan.

Nilai yang aku berikan dapat terekap langsung di aplikasi. Apalagi kalau aku melakukan penilaian dalam bentuk pilihan ganda melalui google form. Tidak hanya aku yang dapat melihat nilai peserta didik, tetapi mereka pun langsung dapat melihat nilainya.

Sampai kapan kah ini akan berakhir ya Allah? Kami sudah jenuh, kami ingin segera kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, selama ini semngat kami untuk menuntut ilmu tidak akan pudar. Semangat kami tidak akan kendor, karena kami yakin semua pasti berlalu. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya kasian anak 2 Barokallah Bu Laela Novita

06 Apr
Balas

Iya bunda. Ngeluh nya gak punya kuota. Hehehe

06 Apr



search

New Post